PHP : Part 4 - Pengulangan

8/31/2015 11:00:00 AM 0 Comments A+ a-




Pengulangan merupakan salah satu komponen paling penting dalam semua Bahasa perograman. Pengulangan berfungsi untuk mengulangi satu atau beberapa aksi. Sebagai contoh ada seorang anak yang dihukum oleh gurunya untuk menulis “Saya tidak akan berbuat nakal lagi” sebanyak 100 kali. Bayangkan jika itu harus dibuat dalam sebuah program, akan memakan banyak sekali baris, memang mungkin hanya tinggal di copy-paste saja, tetapi program seperti itu adalah program yang tidak ideal. Dengan menggunakan pengulangan maka akan mempersingkat program menjadi beberapa baris saja. Terdapat 4 pengulangan dalam PHP yaitu, while, do while, for dan foreach.

Sebelum lebih lanjut mengenai penjelasan dari ketiga pengulangan tersebut, di dalam semua pengulangan terdapat 3 syarat utama dalam pengulangan yaitu :
  1. Inisialisasi awal. Ini digunakan untuk menginisialisasi atau menentukan nilai awal dari sebuah variable.
  2. Iterasi atau counter. Merupakan pertambahan atau pengurangan nilai variable sehingga pengulangan akan tetap berjalan. Misalkan $i++ berarti pengulangan dengan menambahkan 1, $i+=2 berarti $i = $i +2.
  3. Kondisi. merupakan kondisi untuk membatasi pengulangan.

PENGULANGAN WHILE
Pengulangan while digunakan ketika dimana banyaknya pengulangan tidak dapat dipastikan pada saat penulisan program. Misalkan terdapat sebuah program, ketika program akan ditutup program akan meminta konfirmasi “Anda ingin kembali ke menu awal? (y/n)”, programmer tidak akan tahu berapa kali seorang user akan menekan tombol y.
Berikut adalah sintaks umum dari pengulangan while.
inisialisasi_awal
while(kondisi)
{
 statement1;
 statement2;

 iterasi
}


Program sederhana pengulangan While pada PHP

<?php
$i=2;
while($i<=100)
{
 echo $i;
 echo "<p>";
        
$i+=2;
}
?>

Pengulangan while juga dapat digunakan secara bersarang atau while di  dalam while. Program nested while PHP
 
<?php
$i=1;
while ($i < 10)
{
   $j=1;
   while ($j < 10)
   {
      echo "*";
      if($i==$j)
   {
  break;
   }
      $j++;
   }
   echo "<p>";
   $i++;
}
?>



PENGULANGAN DO-WHILE
Pengulangan do-while hampir sama dengan pengulangan while. Jika kondisi pada pengulangan while terdapat di awal, sehingga jika nilai variable tidak sesuai dengan kondisi maka pengulangan tidak akan dilakukan, sedangkan pada pengulangan do-while kondisi disimpan pada bagian akhir sehingga walaupun nilai dari variable tidak sesuai kondisi maka pengulangan akan tetap dilakukan sebanyak satu kali. Berikut adalah sintaks umum dari pengulangan do-while.
Inisialisasi_awal;
do 
{
 Statement;
 Iterasi;
}
While (kondisi);

Program pengulangan do-while
<?php
$i=1;

do
{
 echo $i;
 echo "<p>";
 $i+=3;
}
while($i<=30);
?>



PENGULANGAN FOR
Pengulangan for biasanya digunakan ketika kita tahu berapa kali pengulangan akan dilakukan, Berikut adalah sintaks umum dari pengulangan for
for (inisialisasi_awal;kondisi;iterasi)
{
 Statement;
}

Program pengulangan for
<?php
for($i=1;$i<80;$i+=2.5)
{
 echo $i;
 echo "<p>";
}

?>

Selain angka pengulangan for juga dapat dilakukan untuk tipe data char maupun string. Konsepnya adalah dengan melihat kode ascii dari char tersebut. Berikut adalah contoh programnya.
<?php
for($i='adi';$i<'ani';$i++)
{
 echo $i;
 echo "<p>";
}

?>



PENGULANGAN FOREACH
Pengulangan foreach digunakan untuk pengulangan berdasarkan isi suatu array *akan dijelaskan dibagian selanjutnya*. Mungkin jika kita tahu dengan pasti berapa isi array maka kita bisa menggunakan pengulangan for biasa. Tetapi jika kita tidak tahu kita dapat mempermudahnya dengan menggunakan pengulangan foreach. Berikut adalah sintaks umumnya.

Inisialisasi_array;

foreach(nama_array as variable_baru)
{
 Statement;
}

Program pengulangan foreach
<?php

$nama = array("Rifky","Aisyah","Yanti","Budi","Putri");

foreach ($nama as $tampil)
{
 echo $tampil;
 echo "<p>";
}

?>
*Dikarenakan blog masih dalam perbaikan dan tidak dapat menampilkan tag br utuh, maka Untuk tag p dalam setiap program dapat diganti dengan tag br.
Anda dapat mendownload modul ini pada link google drive berikut.